PLASTIK DAN KODENYA

Posted: 19PMKPMRWIBPM in Kamus Dapur

Secara Internasional telah diatur dan ditetapkan tanda pengenal untuk kemasan berbahan plastik. Biasanya tertera dibagian bawah kemasan kode angka dalam logo daur ulang berbentuk segitiga serta kode bahan dibawahnya.

Antara lain :

  • PET (Polyethylene Terephthalate) Kode angka 1

Tertera kode angka 1 dan tulisan PET/ PETE di bawah segitiga. Kemasan jenis PET/ PETE dianjurkan untuk sekali pakai. Karena bila terlalu sering digunakan untuk menyimpan air atau makanan hangat atau panas akan menyebabkan lapisan polimer meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

  • HDPE (High Density Polyethylene) Kode angka 2

Tertera kode angka 2 dan tulisan HDPE di bawah segi tiga. HDPE memilki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram, dan lebih tahan dengan suhu tinggi. Pada umumnya digunakan untuk botol susu berwarna putih susu, galon air minum, kursi lipat, tupperware, dll. Meski HDPE merupakan bahan plastik yang aman, namun dianjurkan hanya untuk sekali pemakaian.

  • V/ PVC (Polyvinyl Chloride) Kode angka 3

Tertera kode angka 3 dan tulisan V yang berarti PVC. Plastik jenis ini paling sulit didaur ulang seperti plastik pembungkus (cling wrap). Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.

  • LDPE (Low Density Polyethylene) Kode angka 4

Tertera kode angka 4 dan tulisan LPDE yaitu plastik tipe cokelat (Thermoplastic/ dibuat dari minyak bumi). plastik jenis ini sulit dihancurkan, namun tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini. Pada umumnya digunakan untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol-botol yang  lembek.

  • PP (Polypropylene) Kode angka 5

Tertera kode angka 5 dan tulisan PP dibawahnya. Jenis plastik ini paling baik digunakan terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum, dan botol untuk bayi.

  • PS (Polystyrene) Kode angka 6

Tertera kode angka 6 dan tulisan PS. Bahan plastik ini harus dihindari karena berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon esterogen pada  wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan sistem syaraf. Bahan ini juga sulit didaur ulang, membutuhkan waktu yang sangat panjang dan lama untuk mendaur ulangnya. Biasanya dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dll.

  • OTHER Kode angka 7

Tertera kode anngka 7 dan tulisan OTHER (SAN – Styrene Acrylonitrile, ABS – Acrylonitrile Butadiene Styrene, PC – Polycarbonate, Nylon). Bahan jenis ini dapat mengeluarkan bbahan utamanya yaitu Bhispenol-A kedalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, krmosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas. Biasanya terdapat pada botol susu bayi, gelas anak balita (sippy cup), botol minum polikarbonat, dan kaleng kemasan makanan dan minuman, termasuk kaleng susu formula.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s